Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Sopan

Beginilah cara membuat surat lamaran kerja dengan kata-kata formal.

surat lamaran kerja formal
Membuat Surat Lamaran Kerja

Di zaman yang serba mudah seperti sekarang ini, membuat surat lamaran kerja pun sangat terbantu dengan bantuan teknologi.

Saat ini, sudah bertebaran berbagai template lamaran kerja. Tidak seperti orang zaman dulu yang menulis surat lamaran kerja melalui tulis tangan saja.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah surat yang digunakan untuk melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan. Surat lamaran kerja sering dikenal dengan nama surat pengantar kerja yang dikirim secara bersamaan dengan resume ketika hendak melamar pekerjaan.

Tujuan Surat Lamaran Kerja

Membuat surat lamaran kerja sangat penting dilakukan sebagai persyaratan masuk ke perusahaan. Tujuan dibuatnya surat lamaran kerja yakni sebagai bentuk perkenalan diri kepada perusahaan agar bisa merekam jejak ketrampilan (skills), pengalaman, pendidikan, dan kepribadian.

Dengan adanya surat lamaran kerja, perusahaan dapat meyakinkan dan mencari kandidat yang dibutuhkan dalam posisi tertentu di dalam sebuah perusahaan.

Langkah Menulis Surat Lamaran Kerja

Menulis surat lamaran kerja dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan menulis tangan dan ketik. Menulis tangan merupakan cara menulis dengan menggunakan bantuan bolpoin tanpa adanya sentuhan dari komputer sementara menulis dengan ketik yaitu cara menulis menggunakan komputer, laptop dengan bantuan keyboard tanpa menggunakan bolpoin.

Ada beberapa langkah yang digunakan dalam menulis sebuah surat lamaran kerja. Sebelum menulis, perlu dipersiapkan terlebih dahulu kerangka atau bagian di dalam surat lamaran kerja.

Kerangka Surat Lamaran Kerja

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia:

1. Sapaan

Di bagian atas surat lamaran kerja terdapat nama perusahaan atau direktur sebagai tujuan melamar kerja. Contohnya dengan menyapa seseorang maupun pimpinan yang dituju. Jika tidak mengetahui nama pimpinan tersebut, kamu bisa menggantinya dengan ''Kepada Bapak/Ibu''.

2. Perkenalan Diri

Kamu perlu memperkenalkan diri serta menyatakan tujuan surat lamaran yang ditulis. Selain itu, kamu juga perlu menyebutkan asal daerah dan juga dari mana mendapatkan informasi lowongan pekerjaan.

Jelaskan pula pada paragraf di bawahnya mengenai pendidikan dan juga pengalaman yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Tambahkan juga prestasi dan juga skills yang dimiliki.

Kemudian pada paragraf selanjutnya (terakhir) dianjurkan untuk menulis alasan melamar pada posisi yang diinginkan dan seberapa besar keyakinan kamu dapat menyesuaikan posisi yang dilamar. Tidak lupa ucapan terima kasih kepada perusahaan yang telah mempertimbangkan resume kamu. Jangan lupa untuk memberi akses kontak yang dapat dihubungi.

3. Penutup

Di bagian penutup surat lamaran kerja kamu bisa menuliskan ''hormat saya'' dan berilah ruang sebagai tempat tanda tangan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Formal

surat lamaran kerja

Itulah langkah-langkah menulis surat lamaran kerja yang sopan. Tipsnya, gunakan bahasa yang sopan dan hindari bahasa gaul. Lebih baik gunakan bahasa baku dalam menulis surat lamaran.

Strategi